Semarak Hari Tasyrik, PonPes ALMATERA 4 Gelar Lomba Cerdas Cermat Islami (LCCI)

Magelang, Rabu 21 Juli 2021, Santri Putra Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak 4 Unit SMP Muhammadiyah menyemarakkan hari Tasyrik 1442 dengan menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Islami (LCCI). Kegiatan ini diselenggarakan di laboratorium IPA SMP Muhammadiyah Kaliabu. Peserta yang mengikuti kegiatan adalah seluruh santriwan ALMATERA 4. Materi perlombaan yang diujikan seputar pemahaman ajaran islam, hal itu juga dinilai sebagai sarana untuk refleksikan dan mengukur seberapa pemahan santri terhadap materi yang telah didapatkan selama di SMP secara umum maupun di pondok secara khusus.

Peserta perlombaan sebelumnya telah mendaftarkan terlebih dahulu kepada panitia pelaksana, panitia pelaksana pada kegiatan ini terdiri dari segenap jajaran kesantrian pondok. Setiapa kelompok terdiri dari 3-4 santri, yang ditentukan secara acak oleh panitia. Perlobaan diselenggarakan dengan beberapa babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan setiap kelompok yang sudah ditentukan diarahkan untuk mengerjakan beberapa soal essai dalam selembar kertas. Setelah melalui babak penyisihan tadi, telah terpilih 3 kelompok terbaik yang berhak melanjutkan ke babak final dapat menyelesaikan soal,alhasil ditetapkan 3 kelompok untuk melanjutkan ke babak selanjutnya. Sebelum melanjutkan ke babak final para peserta yang lolos diberi kesempatan terlebih dahulu untuk sekedar menjernikan pikiran dan meraka fokus kembali, Pada babak final tentunya akan semakin sengit persaingan dan soal yang diberikan semakin fariatif, yang tentunya perlu memerlukan pikiran yang segar.

Perlu kami sampaikan beberapa personil dari masing-masing kelompok yang berhak mengikuti final pada perlombaan ini:

  • Kelompok A = Surya, Idzul & Namla,
  • Kelompok B = Althaf, Dafa & Sadewo,
  • Sedangkan kelompok C = Farhan, Niko & Putra.

Babak final dipimpin langsung oleh Ust. Farid Muhajir, S.Pd.I selaku kepala kesantrian PonPes ALAMATERA 4. Seperti umumnya disampaikan terlebih dahulu mengenai beberapa peraturan yang harus ditaati setiap kelompok. Bentuk soal yang disajikan menjadi 3 yakni:

  • Soal wajib
  • Soal lemparan
  • Soal rebutan

Pada soal wajib dan soal lemparan setiap kelompok mendapatkan soal yang berbeda-beda sesuai dengan pilihan kode soal.

Jalannya babak final sangat menarik, hal tersebut diakibatkan perolehan nilai masing-masing kelompok yang terpaut cukup tipis dan sempat terjadi susul-sulanan skor.

Setelah mengikuti beberapa tahapan yang sudah ditetapkan oleh kepaniatan. Hal yang yang ditunggu-tunggu tentunya yaitu penentuan nilai tertinggi sebagai pemenang perlombaan LCCI ini. Alhasil perolehan tertinggi didapatkan oleh kelompok A dengan skor 1500, disusul kelompok B dengan skor 1500, dan terakhir dengan skor 1350 untuk kelompok C.

Dengan diselenggarakan LCCI ini sebagai sarana untuk merealisasikan salah satu program kerja dari Kesantrian Pondok Al-Matera Kampus 4 putra, mengembangkan kemampuan santri sebagai pengemban dakwah terutama di masyarakat, adanya Cerdas Cermat ini ditujukan untuk menambah kesemangatan santri dalam bergerak dan menggerakkan diri dalam kepantiaan acara –acara yang bersifat edukatif dan sarana untuk mengisi waktu luang dengan menyelenggarakan segala aktivitas yang berdampak positif. Kemudian semoga untuk kegiatan ini akan terus akan ada keberlanjutan dan semoga semakin ada inovasi dan progres yang selalu meningkat.

Simak lebih lanjut kegiatan kami pada: https://www.youtube.com/watch?v=K0rnptJ2M7Q

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.