Pelatihan Pos Kesehatan Pesantren oleh Dinas Kesehatan Puskesmas Salaman 2 di Kampus 4 Pondok Almatera Kaliabu

 Kaliabu- Dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penularan virus COVID 19, khususnya di lingkungan pondok pesantren.Dinas Kesehatan yang dalam hal ini diwakili oleh Puskesmas 2 Salaman melakukan kerjasama dengan Pondok Almu’min  Muhammadiyah Tembarak 4 Kaliabu.                

Bentuk kerjasamanya antara lain adalah dengan membentuk tim POSKESTREN(Pos Kesehatan Pesantren )yang terdiri dari 15 santriwan -santriwati kelas VII dan VIII.
Mereka inilah yang kedepannya akan dibekali pengetahuan-pengetahuan dasar tentang ilmu kesehatan,juga bagaimana cara menangani dan merawat orang yang sedang sakit.
Berangkat dari kebutuhan tenaga kesehatan inilah maka muncul inisiatif dari hasil kerjasama kedua belah pihak yaitu puskesmas dan pondok pesantren untuk mengadakan pelatihan POSKESTREN,yang diselenggarakan di kampus 4 Pondok Almatera Kaliabu.

Alhamdulillah,pada pembukaan pelatihan yang dilaksanakan pada hari Senin 24 Agustus 2020,acara dapat berjalan lancar tanpa kendala dan halangan berarti.Acara pembukaan juga dibuka dengan beberapa sambutan dari Wakil Mudir,Kepala Puskesmas Salaman 2,Bapak Camat Kecamatan Salaman,Bapak Kapolsek dan juga Bapak Danramil.

Bapak Camat Salaman dalam sambutan nya menitipkan pesan sekaligus mengamanatkan kepada pondok untuk tetap dan selalu menjalin komunikasi dalam rangka pencegahan penularan COVID 19.Sedangkan Bapak Doni selaku kepala Puskesmas berpesan agar poskestren ini bisa terus ada dan konsisten ,jangan sampai nanti hanya tinggal namanya saja,oleh karena itu beliau insyaAllah akan selalu memantau perkembangan dan kinerja dari semua tim POSKESTREN ini kedepannya.

Semoga kedepannya acara ini akan menjadi wasilah untuk membangun lingkungan pondok yang lebih bersih dan lebih sehat kedepannya ,Aaamin Ya Rabbal Aalamiin

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.